CARA MUDAH MENGUSIR TIKUS DARI RUMAH


daun sirsak

Binatang pengerat ini sering kali menjengkelkan. Selain menjadi sumber penyakit, tikus merusak peralatan rumah tangga kita, seperti kabel listrik, kabel telepon, dan perabotan rumah tangga lainnnya.
Banyak pemusnah tikus ditawarkan, mulai dari penjebak sampai racun tikus. Penjebak tak jarang menjadi tidak efektif manakala tikus sudah "tahu" metode jebakannya. Sementara meracun tikus tak serta merta menyelesaikan masalah. Soalnya, tikus tidak langsung terbunuh begitu ia makan racun. Butuh waktu tertentu sebelum tikus mati. Nah, sering tikus mati di tempat-tempat yang tidak terjangkau sehingga membuat bau yang tidak sedap.
Ada baiknya Anda melirik metode ini. Bukan membunuh tapi mengusir tikus.
  • Ambillah beberapa lembar daun sirsak. Yang muda ataupun yang tua sama saja
  • Taruhlah di sudut-sudut yang sering didatangi tikus, seperti di dapur, di bawah rak piring, atau di bawah meja kompor.
  • Jika merasa sudah aman sampai daun itu mengering, bersihkanlah agar tidak terjadi penumpukan sampah.
Daun sirsak mengandung zat perangsang yang mengeluarkan aroma yang tidak disukai tikus. Sehingga tikus-tikus itu tidak lagi mendatangi rumah Anda. Cara ini selain ramah lingkungan juga bisa menimbulkan efek jera terhadap tikus-tikus tersebut.

# NOTE :

- Yang mendatangkan tikus adalah Allah dan yang bisa mengusirnya hanyalah Allah, daun sirsak hanyalah asbab saja.

- Seorang ulama berkata, " Aku tahu banyaknya dosaku dari ulah hewan - hewan yang ada dirumahku". Bisa jadi tikus-tikus pada rajin ke rumah buat kekacauan itu akibat dari dosa-dosa kita.....

- Tikus termasuk hewan yang bisa dibunuh ( membahayakan manusia dan sering hidup ditengah populasi manusia) Dalam sebuah hadist nabi pernah bersabda "Lima jenis hewan yang harus dibunuh, baik di tanah haram maupun di tanah biasa, yaitu : ular, kalajengking, tikus, anjing buas dan burung rajawali" (H.R. Abu Daud)

- Jangan membunuh tikus dengan cara menenggelamkannya atau membakarnya langsung.........

CARA ALTERNATIF GAN

 A. PAKAI LONCENG:


1. Tangkaplah dulu tikus dlm rumah anda dlm keadaan hidup2 .
2. Carilah lonceng kecil seukuran jari kelingking, dpt dibeli di toko2 mainan ato ditoko penjual perhiasan imitasi ato memesanny dlu.
3. Tali lonceng tadi dgn benang yg kuat buat kalung untuk sitikus td.
4.lepas tikus td biar mencari teman2ny
5.dijamin tikus2 td pd kabur dr rumah anda selama lonceng dr tikus yg anda lepas tidk lepas.


B. PAKAI JANGKRIK:


1. siapkan wadah toples yang transparan atau jika mau, beli kandang jangkrik kecil yang banyak dijual di pakan-pakan burung aja gan.
2. Beli beberapa ekor jangkrik, kemudian masukkan kedalam kandang jangkrik yang sudah kita siapkan.
3. Masukkan sobekan-sobekan kertas telor atau daun-daun pisang yang sudah kering.
4. Jangan lupa diberi makan, jangkrik senang dengan sisa-sisa sayuran.
5. Setelah itu letakkan kandang jangkrik tersebut ditempat-tempat yang banyak tikusnya.



C. PAKAI TEH DAN MINYAK PEPERMINT:


Kotak bekas teh peppermint dan kantong teh peppermint jangan dibuang gan karena kotak ini juga ampuh untuk mengusir tikus-tikus nakal. Letakan kotak kosong tersebut beserta kantong teh yang tidak terpakai di sudut atau bagian rumah yang dilalui tikus. Selain itu, dapat menambahkan gumpalan kapas yang disemprot minyak beraroma peppermint. Dengan cara ini, tikus nakal di rumah akan kabur.

Selain kotak dan kantung bekas teh peppermint, agan dapat juga memanfaatkan minyak peppermint. Dengan merendam bola kapas ke dalam air yang telah diteteskan minyak peppermint dan letakan di area yang tikus suka. Dalam 24 jam tikus akan kabur dari rumah.


D. PAKAI CUKA APEL:

Campuran cuka apel dan air efektif mengusir hama ini. Campurkan setengah galon cuka apel dengan 2 galon air, semprotkan di luar rumah. Lakukan kegiatan ini sebulan sekali dan Anda tak akan melihat tikus dalam waktu yang lama.


E. PAKAI MENGKUDU:

Buah berkhasiat ini mampu mengusir tikus dengan baunya. Anda hanya perlu memotong-motong mengkudu , lalu letakkan potongan buah tersebut di tempat yang sering dilalui tikus. Tikus tidak tahan dengan bau mengkudu, sehingga rumah Anda amand dari serangan tikus.


F. PAKAI DURIAN:

Wangi buah ini pasti kita suka, namun tidak halnya dengan tikus. Meletakan kulit durian di area yang sering dilalui tikus dapat membantu binatang pengerat tersebut kabur dari rumah.


source : intisari dlll

37 komentar:

  1. imoes jendral mengatakan...:

    tambah ilmu

  1. Anonim mengatakan...:

    "Lima jenis hewan yang harus dibunuh, <<< HARUS ????? waduh nabi ngajarin nya

  1. Rizal IBNU MAKMUR mengatakan...:

    kamsudnya bro ???

    Etika terhadap hewan

    Islam menganggap hewan sebagai makhluk yang harus dihormati. Karenanya, Islam menetapkan etika manusia terhadap hewan yaitu[5]:

    Memberinya makan-minum, jika hewan-hewan tersebut lapar dan haus, karena dalil-dalil berikut: Sabda Rasulullah: Terhadap yang mempunyai hati yang basah terdapat pahala, (Diriwayatkan Ahmad dan Ibnu Majah). Siapa tidak menyayangi, ia tidak akan disayangi, (Muttafaq Alaih). Sayangilah siapa saja yang ada di bumi, niscaya kalian disayangi siapa saja yang ada di langit (Diriwayatkan Ath-Thabrani dan Al Hakim).

    Menyayanginya, dan berbelas kasih kepadanya, karena dalil-dalil berikut: Ketika Rasulullah melihat orang-orang menjadikan burung sebagai sasaran anak panah, beliau bersabda: Allah melaknat siapa saja yang menjadikan sesuatu yang bernyawa sebagai sasaran, (Diriwayatkan Abu Daud dengan sanad shahih). Rasulullah melarang menahan hewan untuk dibunuh dengan sabdanya: Barangsiapa yang menyakiti ini (burung) dengan anaknya; kembalikan anaknya padanya, (Diriwayatkan Muslim). Rasulullah bersabda seperti itu, karena melihat burung terbang mencari anak-anaknya yang diambil salah seorang sahabat dari sarangnya.

    Jika ia ingin menyembelihnya, atau membunuhnya, maka ia melakukannya dengan baik, karena Rasulullah bersabda: Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat baik kepada segala hal. Oleh karena itu, jika kalian membunuh, maka bunuhlah dengan baik. Jika kalian menyembelih, maka sembelihlah dengan baik. Hendaklah salah seorang dan kalian menenangkan hewan yang akan disembelihnya, dan menajamkan pisaunya, (Diriwayatkan Muslim, At Tirmidzi, An-Nasai, Abu Daud, dan Ahmad).

    Tidak menyiksanya dengan cara-cara penyiksaan apapun baik dengan melaparkannya, atau meletakkan padanya muatan yang tidak mampu ia angkut, atau membakarnya dengan api, karena dalil-dalil berikut: Rasulullah saw. bersabda, Seorang wanita masuk neraka karena kucing. Ia menahannya hingga mati. Ia masuk neraka karenanya, karena ia tidak memberinya makan sebab ia menahannya, dan tidak membiarkannya makan serangga-serangga tanah, (Diriwayatkan Al-Bukhari). Rasulullah berjalan melewati rumah semut yang terbakar, kemudian beliau bersabda, Sesungguhnya siapa pun tidak pantas menyiksa dengan api, kecuali pemilik api itu sendiri (Allah), (Diriwayatkan Abu Daud. Hadits ini Shahih).

    Diperbolehkan membunuh hewan-hewan yang membahayakan, seperti anjing penggigit, serigala, ular, kalajengking, tikus, dan lain sebagainya, karena dalil-dalil berikut: Sabda Rasulullah, Ada lima hewan membahayakan yang boleh dibunuh di tempat halal dan haram, yaitu ular, burung gagak yang berwarna belang-belang, tikus, anjing yang suka menggigit dan burung hudaya (rajawali). (Diriwayatkan Muslim)

  1. Anonim mengatakan...:

    makash infonya mas,ntar yg gampang di coba

  1. Mengusir Tikus mengatakan...:

    Kopi juga bisa untuk mengusir nih makhluk...

  1. Tehnogadget mengatakan...:

    Penggunaan alat pengusir tikus elektronik memang praktis dan cukup higienis namun belum tentu efektif...

  1. blogezaenal mengatakan...:

    super sekali gan... ntar aku coba dirumah. banyak sekali curut memang harus dibasmi. biasanya sih pake lem tikus, tapi yang ini mau dicoba juga... trims

  1. Yusuf mang sur mengatakan...:

    coba ahh,,
    tp yg pake lonceng lucu juga ya :-D

  1. Anonim mengatakan...:

    yg ne kynya jg hrz di basmi gan

  1. Jamaludin Udin mengatakan...:

    sungguh di luar dugaan daun sirsak bisa mengusir tikus hehehe. makasih atas infonya bang

  1. alat pengusir tikus mengatakan...:

    kalau ada cara alami, kagak usah pakai yang kimia ya

  1. Anonim mengatakan...:

    Makasih infonya kunjung balik www.nusantarapermai.mywapblog.com

  1. Anonim mengatakan...:

    siapakh yang sudah mencoba. . . . . .

  1. Gadget Tips mengatakan...:

    Menggunakan alat pengusir tikus elektronik yang bekerja berdasarkan frekuensi dapat dilakukan, namun kadang hewan-hewan ini menjadi kebal setelah satu dua hari...

  1. Untuk buah durian saya udah coba dan bener lho, dalam dua hari tikus kabur, kalau mau nyoba pakai durian yang baunya tajam ya kayak durian montong...

  1. SPESIALIS TIKUS mengatakan...:

    Saya juga pernah coba dan berhasil

    http://tokoone.com/alat-pengusir-tikus-alat-pengusir-serangga/?affid=5801

  1. Anonim mengatakan...:

    makasih share nya gan T.O.P

  1. aminblog mengatakan...:

    makasi tisnya yang bermanfaat, tapi kalo tikus diikatkan padanya lonceng, saya kira itu menghantui dia dan kawanannya shg takut terus mneerus seolah2 ada yang mengejar www.sundep.blogspot.com

  1. Anonim mengatakan...:

    boleh juga

  1. Anonim mengatakan...:

    wahh tikus dirumah saya malah senang menggragoti makanan / minuman yg beraroma durian...????

  1. Robi Nurhakim mengatakan...:

    Ntar la ya Saya Cobak

  1. Anonim mengatakan...:

    trims infonya gan...

  1. Tatang mengatakan...:

    pake peppermint ampuh banget, asal rumah tetep terjaga kebersihannya. :D

  1. LSEI mengatakan...:

    cara pake karbit juga bisa gan, ambil karbit dan haluskan kmudian taburkan ke tempat yg sering dilalui tikus

  1. Melly mengatakan...:

    stuju pake karbit tuh gan, ampuh bgt

  1. Lisa mengatakan...:

    coba pake daun serey gan

  1. dessy mengatakan...:

    stuju bgt pake jambu klutuk bro

  1. sonya mengatakan...:

    stuju kan gan pake jambu klutuk

  1. lembaga bimtekindonesia mengatakan...:

    Info Bimtek, Diklat, Workshop , Serta Inhouse Training
    Materi - Materi yang kami sajikan :
    Bid. Barang Dan Jasa Pemerintah Bid. Aset Daerah Bid. Keuangan Daerah
    Bid. Pemerintahan Daerah
    Bid. Kearsipan
    Bid. Kepegawaian
    Bid. Perpajakan
    Bid. Pendidikan
    Bid. Pembangunan Daerah
    Bid. Kependudukan
    Bid. Kemasyarakatan
    Bid. Pertanahan
    Bid. Pedesaan
    Bid. Kebencanaan
    Bid. Energi
    Bid. Penanaman Modal
    Bid. Non Pemerintah (Swasta)
    Bid. UKM
    OUTBOND
    INHOUSE
    Hubungi : 021 – 4300228, Hp : 081296326728
    Website : www.lekasdiklat.org

  1. lembaga bimtekindonesia mengatakan...:

    Info Bimtek, Diklat, Workshop , Serta Inhouse Training
    Materi - Materi yang kami sajikan :
    Bid. Barang Dan Jasa Pemerintah Bid. Aset Daerah Bid. Keuangan Daerah
    Bid. Pemerintahan Daerah
    Bid. Kearsipan
    Bid. Kepegawaian
    Bid. Perpajakan
    Bid. Pendidikan
    Bid. Pembangunan Daerah
    Bid. Kependudukan
    Bid. Kemasyarakatan
    Bid. Pertanahan
    Bid. Pedesaan
    Bid. Kebencanaan
    Bid. Energi
    Bid. Penanaman Modal
    Bid. Non Pemerintah (Swasta)
    Bid. UKM
    OUTBOND
    INHOUSE
    Hubungi : 021-4300225, Hp : 082111129625
    Website : www.lbitraining.org

  1. lembaga bimtekindonesia mengatakan...:

    Info Bimtek, Diklat, Workshop , Serta Inhouse Training
    Materi - Materi yang kami sajikan :
    Bid. Barang Dan Jasa Pemerintah Bid. Aset Daerah Bid. Keuangan Daerah
    Bid. Pemerintahan Daerah
    Bid. Kearsipan
    Bid. Kepegawaian
    Bid. Perpajakan
    Bid. Pendidikan
    Bid. Pembangunan Daerah
    Bid. Kependudukan
    Bid. Kemasyarakatan
    Bid. Pertanahan
    Bid. Pedesaan
    Bid. Kebencanaan
    Bid. Energi
    Bid. Penanaman Modal
    Bid. Non Pemerintah (Swasta)
    Bid. UKM
    OUTBOND
    INHOUSE
    Hubungi : 021 – 4300226, Hp : 081297869426
    Website :www.piksitraining.org

  1. lembaga bimtekindonesia mengatakan...:
    Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
  1. lembaga bimtekindonesia mengatakan...:

    Info Bimtek, Diklat, Workshop , Serta Inhouse Training
    Materi - Materi yang kami sajikan :
    Bid. Barang Dan Jasa Pemerintah Bid. Aset Daerah Bid. Keuangan Daerah
    Bid. Pemerintahan Daerah
    Bid. Kearsipan
    Bid. Kepegawaian
    Bid. Perpajakan
    Bid. Pendidikan
    Bid. Pembangunan Daerah
    Bid. Kependudukan
    Bid. Kemasyarakatan
    Bid. Pertanahan
    Bid. Pedesaan
    Bid. Kebencanaan
    Bid. Energi
    Bid. Penanaman Modal
    Bid. Non Pemerintah (Swasta)
    Bid. UKM
    OUTBOND
    INHOUSE
    Hubungi : 081212889709, 081388939269
    Website : www.lseidiklat.org

  1. Hardianto Sby mengatakan...:

    Silahkan membunuh tikus tapi jangan membakarnya

  1. Hardianto Sby mengatakan...:

    Silahkan membunuh tikus tapi jangan membakarnya

  1. Florentina Prapti mengatakan...:

    saya sudah coba pakai mengkudu tapi malah dimakannya,,,
    apa karna mengkudunya belum mateng ya jd baunya tdk menyengat & skrg lg coba pakai daun sirsak semoga berhasil,,,,

  1. piksi diklat mengatakan...:
    Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

Poskan Komentar

WHAT IS YOUR OPINION?