CARA MUDAH MENGUSIR TIKUS DARI RUMAH


daun sirsak

Binatang pengerat ini sering kali menjengkelkan. Selain menjadi sumber penyakit, tikus merusak peralatan rumah tangga kita, seperti kabel listrik, kabel telepon, dan perabotan rumah tangga lainnnya.
Banyak pemusnah tikus ditawarkan, mulai dari penjebak sampai racun tikus. Penjebak tak jarang menjadi tidak efektif manakala tikus sudah "tahu" metode jebakannya. Sementara meracun tikus tak serta merta menyelesaikan masalah. Soalnya, tikus tidak langsung terbunuh begitu ia makan racun. Butuh waktu tertentu sebelum tikus mati. Nah, sering tikus mati di tempat-tempat yang tidak terjangkau sehingga membuat bau yang tidak sedap.
Ada baiknya Anda melirik metode ini. Bukan membunuh tapi mengusir tikus.
  • Ambillah beberapa lembar daun sirsak. Yang muda ataupun yang tua sama saja
  • Taruhlah di sudut-sudut yang sering didatangi tikus, seperti di dapur, di bawah rak piring, atau di bawah meja kompor.
  • Jika merasa sudah aman sampai daun itu mengering, bersihkanlah agar tidak terjadi penumpukan sampah.
Daun sirsak mengandung zat perangsang yang mengeluarkan aroma yang tidak disukai tikus. Sehingga tikus-tikus itu tidak lagi mendatangi rumah Anda. Cara ini selain ramah lingkungan juga bisa menimbulkan efek jera terhadap tikus-tikus tersebut.

# NOTE :

- Yang mendatangkan tikus adalah Allah dan yang bisa mengusirnya hanyalah Allah, daun sirsak hanyalah asbab saja.

- Seorang ulama berkata, " Aku tahu banyaknya dosaku dari ulah hewan - hewan yang ada dirumahku". Bisa jadi tikus-tikus pada rajin ke rumah buat kekacauan itu akibat dari dosa-dosa kita.....

- Tikus termasuk hewan yang bisa dibunuh ( membahayakan manusia dan sering hidup ditengah populasi manusia) Dalam sebuah hadist nabi pernah bersabda "Lima jenis hewan yang harus dibunuh, baik di tanah haram maupun di tanah biasa, yaitu : ular, kalajengking, tikus, anjing buas dan burung rajawali" (H.R. Abu Daud)

- Jangan membunuh tikus dengan cara menenggelamkannya atau membakarnya langsung.........

CARA ALTERNATIF GAN

 A. PAKAI LONCENG:


1. Tangkaplah dulu tikus dlm rumah anda dlm keadaan hidup2 .
2. Carilah lonceng kecil seukuran jari kelingking, dpt dibeli di toko2 mainan ato ditoko penjual perhiasan imitasi ato memesanny dlu.
3. Tali lonceng tadi dgn benang yg kuat buat kalung untuk sitikus td.
4.lepas tikus td biar mencari teman2ny
5.dijamin tikus2 td pd kabur dr rumah anda selama lonceng dr tikus yg anda lepas tidk lepas.


B. PAKAI JANGKRIK:


1. siapkan wadah toples yang transparan atau jika mau, beli kandang jangkrik kecil yang banyak dijual di pakan-pakan burung aja gan.
2. Beli beberapa ekor jangkrik, kemudian masukkan kedalam kandang jangkrik yang sudah kita siapkan.
3. Masukkan sobekan-sobekan kertas telor atau daun-daun pisang yang sudah kering.
4. Jangan lupa diberi makan, jangkrik senang dengan sisa-sisa sayuran.
5. Setelah itu letakkan kandang jangkrik tersebut ditempat-tempat yang banyak tikusnya.



C. PAKAI TEH DAN MINYAK PEPERMINT:


Kotak bekas teh peppermint dan kantong teh peppermint jangan dibuang gan karena kotak ini juga ampuh untuk mengusir tikus-tikus nakal. Letakan kotak kosong tersebut beserta kantong teh yang tidak terpakai di sudut atau bagian rumah yang dilalui tikus. Selain itu, dapat menambahkan gumpalan kapas yang disemprot minyak beraroma peppermint. Dengan cara ini, tikus nakal di rumah akan kabur.

Selain kotak dan kantung bekas teh peppermint, agan dapat juga memanfaatkan minyak peppermint. Dengan merendam bola kapas ke dalam air yang telah diteteskan minyak peppermint dan letakan di area yang tikus suka. Dalam 24 jam tikus akan kabur dari rumah.


D. PAKAI CUKA APEL:

Campuran cuka apel dan air efektif mengusir hama ini. Campurkan setengah galon cuka apel dengan 2 galon air, semprotkan di luar rumah. Lakukan kegiatan ini sebulan sekali dan Anda tak akan melihat tikus dalam waktu yang lama.


E. PAKAI MENGKUDU:

Buah berkhasiat ini mampu mengusir tikus dengan baunya. Anda hanya perlu memotong-motong mengkudu , lalu letakkan potongan buah tersebut di tempat yang sering dilalui tikus. Tikus tidak tahan dengan bau mengkudu, sehingga rumah Anda amand dari serangan tikus.


F. PAKAI DURIAN:

Wangi buah ini pasti kita suka, namun tidak halnya dengan tikus. Meletakan kulit durian di area yang sering dilalui tikus dapat membantu binatang pengerat tersebut kabur dari rumah.


source : intisari dlll
Share on Google Plus

About Rizal Palangiran

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

47 komentar:

  1. "Lima jenis hewan yang harus dibunuh, <<< HARUS ????? waduh nabi ngajarin nya

    BalasHapus
  2. kamsudnya bro ???

    Etika terhadap hewan

    Islam menganggap hewan sebagai makhluk yang harus dihormati. Karenanya, Islam menetapkan etika manusia terhadap hewan yaitu[5]:

    Memberinya makan-minum, jika hewan-hewan tersebut lapar dan haus, karena dalil-dalil berikut: Sabda Rasulullah: Terhadap yang mempunyai hati yang basah terdapat pahala, (Diriwayatkan Ahmad dan Ibnu Majah). Siapa tidak menyayangi, ia tidak akan disayangi, (Muttafaq Alaih). Sayangilah siapa saja yang ada di bumi, niscaya kalian disayangi siapa saja yang ada di langit (Diriwayatkan Ath-Thabrani dan Al Hakim).

    Menyayanginya, dan berbelas kasih kepadanya, karena dalil-dalil berikut: Ketika Rasulullah melihat orang-orang menjadikan burung sebagai sasaran anak panah, beliau bersabda: Allah melaknat siapa saja yang menjadikan sesuatu yang bernyawa sebagai sasaran, (Diriwayatkan Abu Daud dengan sanad shahih). Rasulullah melarang menahan hewan untuk dibunuh dengan sabdanya: Barangsiapa yang menyakiti ini (burung) dengan anaknya; kembalikan anaknya padanya, (Diriwayatkan Muslim). Rasulullah bersabda seperti itu, karena melihat burung terbang mencari anak-anaknya yang diambil salah seorang sahabat dari sarangnya.

    Jika ia ingin menyembelihnya, atau membunuhnya, maka ia melakukannya dengan baik, karena Rasulullah bersabda: Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat baik kepada segala hal. Oleh karena itu, jika kalian membunuh, maka bunuhlah dengan baik. Jika kalian menyembelih, maka sembelihlah dengan baik. Hendaklah salah seorang dan kalian menenangkan hewan yang akan disembelihnya, dan menajamkan pisaunya, (Diriwayatkan Muslim, At Tirmidzi, An-Nasai, Abu Daud, dan Ahmad).

    Tidak menyiksanya dengan cara-cara penyiksaan apapun baik dengan melaparkannya, atau meletakkan padanya muatan yang tidak mampu ia angkut, atau membakarnya dengan api, karena dalil-dalil berikut: Rasulullah saw. bersabda, Seorang wanita masuk neraka karena kucing. Ia menahannya hingga mati. Ia masuk neraka karenanya, karena ia tidak memberinya makan sebab ia menahannya, dan tidak membiarkannya makan serangga-serangga tanah, (Diriwayatkan Al-Bukhari). Rasulullah berjalan melewati rumah semut yang terbakar, kemudian beliau bersabda, Sesungguhnya siapa pun tidak pantas menyiksa dengan api, kecuali pemilik api itu sendiri (Allah), (Diriwayatkan Abu Daud. Hadits ini Shahih).

    Diperbolehkan membunuh hewan-hewan yang membahayakan, seperti anjing penggigit, serigala, ular, kalajengking, tikus, dan lain sebagainya, karena dalil-dalil berikut: Sabda Rasulullah, Ada lima hewan membahayakan yang boleh dibunuh di tempat halal dan haram, yaitu ular, burung gagak yang berwarna belang-belang, tikus, anjing yang suka menggigit dan burung hudaya (rajawali). (Diriwayatkan Muslim)

    BalasHapus
  3. makash infonya mas,ntar yg gampang di coba

    BalasHapus
  4. Kopi juga bisa untuk mengusir nih makhluk...

    BalasHapus
  5. Penggunaan alat pengusir tikus elektronik memang praktis dan cukup higienis namun belum tentu efektif...

    BalasHapus
  6. super sekali gan... ntar aku coba dirumah. banyak sekali curut memang harus dibasmi. biasanya sih pake lem tikus, tapi yang ini mau dicoba juga... trims

    BalasHapus
  7. coba ahh,,
    tp yg pake lonceng lucu juga ya :-D

    BalasHapus
  8. sungguh di luar dugaan daun sirsak bisa mengusir tikus hehehe. makasih atas infonya bang

    BalasHapus
  9. kalau ada cara alami, kagak usah pakai yang kimia ya

    BalasHapus
  10. Makasih infonya kunjung balik www.nusantarapermai.mywapblog.com

    BalasHapus
  11. siapakh yang sudah mencoba. . . . . .

    BalasHapus
  12. Menggunakan alat pengusir tikus elektronik yang bekerja berdasarkan frekuensi dapat dilakukan, namun kadang hewan-hewan ini menjadi kebal setelah satu dua hari...

    BalasHapus
  13. Untuk buah durian saya udah coba dan bener lho, dalam dua hari tikus kabur, kalau mau nyoba pakai durian yang baunya tajam ya kayak durian montong...

    BalasHapus
  14. Saya juga pernah coba dan berhasil

    http://tokoone.com/alat-pengusir-tikus-alat-pengusir-serangga/?affid=5801

    BalasHapus
  15. makasih share nya gan T.O.P

    BalasHapus
  16. makasi tisnya yang bermanfaat, tapi kalo tikus diikatkan padanya lonceng, saya kira itu menghantui dia dan kawanannya shg takut terus mneerus seolah2 ada yang mengejar www.sundep.blogspot.com

    BalasHapus
  17. wahh tikus dirumah saya malah senang menggragoti makanan / minuman yg beraroma durian...????

    BalasHapus
  18. trims infonya gan...

    BalasHapus
  19. pake peppermint ampuh banget, asal rumah tetep terjaga kebersihannya. :D

    BalasHapus
  20. cara pake karbit juga bisa gan, ambil karbit dan haluskan kmudian taburkan ke tempat yg sering dilalui tikus

    BalasHapus
  21. stuju pake karbit tuh gan, ampuh bgt

    BalasHapus
  22. stuju bgt pake jambu klutuk bro

    BalasHapus
  23. stuju kan gan pake jambu klutuk

    BalasHapus
  24. Info Bimtek, Diklat, Workshop , Serta Inhouse Training
    Materi - Materi yang kami sajikan :
    Bid. Barang Dan Jasa Pemerintah Bid. Aset Daerah Bid. Keuangan Daerah
    Bid. Pemerintahan Daerah
    Bid. Kearsipan
    Bid. Kepegawaian
    Bid. Perpajakan
    Bid. Pendidikan
    Bid. Pembangunan Daerah
    Bid. Kependudukan
    Bid. Kemasyarakatan
    Bid. Pertanahan
    Bid. Pedesaan
    Bid. Kebencanaan
    Bid. Energi
    Bid. Penanaman Modal
    Bid. Non Pemerintah (Swasta)
    Bid. UKM
    OUTBOND
    INHOUSE
    Hubungi : 021 – 4300228, Hp : 081296326728
    Website : www.lekasdiklat.org

    BalasHapus
  25. Info Bimtek, Diklat, Workshop , Serta Inhouse Training
    Materi - Materi yang kami sajikan :
    Bid. Barang Dan Jasa Pemerintah Bid. Aset Daerah Bid. Keuangan Daerah
    Bid. Pemerintahan Daerah
    Bid. Kearsipan
    Bid. Kepegawaian
    Bid. Perpajakan
    Bid. Pendidikan
    Bid. Pembangunan Daerah
    Bid. Kependudukan
    Bid. Kemasyarakatan
    Bid. Pertanahan
    Bid. Pedesaan
    Bid. Kebencanaan
    Bid. Energi
    Bid. Penanaman Modal
    Bid. Non Pemerintah (Swasta)
    Bid. UKM
    OUTBOND
    INHOUSE
    Hubungi : 021-4300225, Hp : 082111129625
    Website : www.lbitraining.org

    BalasHapus
  26. Info Bimtek, Diklat, Workshop , Serta Inhouse Training
    Materi - Materi yang kami sajikan :
    Bid. Barang Dan Jasa Pemerintah Bid. Aset Daerah Bid. Keuangan Daerah
    Bid. Pemerintahan Daerah
    Bid. Kearsipan
    Bid. Kepegawaian
    Bid. Perpajakan
    Bid. Pendidikan
    Bid. Pembangunan Daerah
    Bid. Kependudukan
    Bid. Kemasyarakatan
    Bid. Pertanahan
    Bid. Pedesaan
    Bid. Kebencanaan
    Bid. Energi
    Bid. Penanaman Modal
    Bid. Non Pemerintah (Swasta)
    Bid. UKM
    OUTBOND
    INHOUSE
    Hubungi : 021 – 4300226, Hp : 081297869426
    Website :www.piksitraining.org

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Info Bimtek, Diklat, Workshop , Serta Inhouse Training
    Materi - Materi yang kami sajikan :
    Bid. Barang Dan Jasa Pemerintah Bid. Aset Daerah Bid. Keuangan Daerah
    Bid. Pemerintahan Daerah
    Bid. Kearsipan
    Bid. Kepegawaian
    Bid. Perpajakan
    Bid. Pendidikan
    Bid. Pembangunan Daerah
    Bid. Kependudukan
    Bid. Kemasyarakatan
    Bid. Pertanahan
    Bid. Pedesaan
    Bid. Kebencanaan
    Bid. Energi
    Bid. Penanaman Modal
    Bid. Non Pemerintah (Swasta)
    Bid. UKM
    OUTBOND
    INHOUSE
    Hubungi : 081212889709, 081388939269
    Website : www.lseidiklat.org

    BalasHapus
  29. Silahkan membunuh tikus tapi jangan membakarnya

    BalasHapus
  30. Silahkan membunuh tikus tapi jangan membakarnya

    BalasHapus
  31. saya sudah coba pakai mengkudu tapi malah dimakannya,,,
    apa karna mengkudunya belum mateng ya jd baunya tdk menyengat & skrg lg coba pakai daun sirsak semoga berhasil,,,,

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Makasih infonya gan mau tak coba cara yg mana nih?

    BalasHapus
  34. Makasih infonya gan mau tak coba cara yg mana nih?

    BalasHapus
  35. kalau usir tikus pakai kucing, ampuh gak ?????

    BalasHapus
  36. Lem tikus umpannya ikan asin jangan sampe kena tangan kita tapi, pasti sukses.

    BalasHapus
  37. untung ada daun sirsak di blakang rumah langsung malam ini saya coba, tank's ea tps nya.

    BalasHapus
  38. Sy bikin jebakan tikus pake ember bekas semen (ada tutorialnya di youtube) beneran ampuh tikusnya masuk semua kedalam ember, tapi karna jijik n geli jadi saya bunuh pakai air di isikan ke dalam ember tersebut, kalo dilepasin diluar rumah nanti tikusnya balik lagi kedalam rumah, mau dibunuh cara disemblih ya ampunnn kayaknya gak mungkin banget, jangankan pegang, ngeliatnya aja udah geli banget, gimana donk jadinya cara bunuh paling cepat?

    BalasHapus
  39. Baru sadar kalau bau durian tidak di sukai tikus.. Terimakasih gan

    set kamar anak
    box bayi
    set kamar
    tempat tidur tingkat

    BalasHapus

WHAT IS YOUR OPINION?