DALIL MENCICIPI GARAM SEBELUM MAKAN

Mencicipi garam sebelum Makan bisa menjauhkan dari 70 macam penyakit


Beberapa bulan yang lalu dengan dalih bertanya, seseorang berusaha mencari kelemahan tentang amalan mencicipi garam yang dilajimkan oleh teman-teman ahli dakwah sebelum makan. waktu itu saya menjawab dengan "apa yang saya pernah dengar", tanpa menambah dan mengurangi. Dan ternyata sang penanya menganggap bahwa saya telah berdusta atas nama sahabat nabi ketika diri ini tidak dapat menunjukkan dari dari mana dalilnya bahwa hal itu datangnya dari sahabat Ali ra.

Kemudian saya coba menanyakan perkara ini kepada seorang utsadz yang tinggal dekat wilayah kami. Ia mengatakan pernah membaca hal tersebut, tapi sudah lupa dimana ia membacanya. Dan beberapa hari kemudian ia masih merasa kerepotan mengingat-ingat kembali di kitab mana ia menemukan rujukan permasalahan ini.

Selain ustadz tersebut, saya juga bertanya kepada ustadz muhksin yang kami sama-sama aktif di forum hidayatullah.com (sekarang forum tersebut sudah tutup). wal hasil, ditengah kesibukannya, ia menyempatkan diri untuk mencari beberapa dalil berkenaan garam. Berikut ini saya tampilkan pesan/message dari ustdz mukhsin ke inbox pribadi saya di myquran.org. Ia menjelaskan perkara ini secara singkat. mudah-mudahan bisa menjadi pelajaran bagi kita semua, amiin :

wa 'alaikumsalam

Untuk soal cicip garam memang telah warid di beberapa riwayat,,namun biasanya sumber pengambilannya tidak dijelaskan rinci, namun sekedar membagi apa yang saya ketahui terhadap fadhilah mencicip garam ini,,saya akan berikan sumber pengambilannya sbb :

Dalam syu’bul iman pada nomor 1150

أخبرنا أبو طاهر الفقيه أنا أبو بكر القطان ثنا أحمد بن يوسف ثنا محمد بن يوسف قال : ذكر سفيان عن عمرو بن ميمون عن طاوس قال يكفي الصدق من الدعاء كما يكفي الطعام من الملح

telah mengkhabarkan Abu Thahir Al-Faqhih mengkhabarkan Abu Bakr Al-Qatthan mengkhabarkan Ahmad bin Yusuf mengkhabarkan Muhammad bin Yusuf berkata ia : mengucapkan akan Sufyan daripada Amru bin Maimun daripada Thawus berkata ia : "adalah kebaikan dalam berdoa begitu juga adalah kebaikan dalam makan (makanan) terletak pada garam"
Hadit ini juga dikeluarkan oleh .... Ibn Abi Syaibah dalam Musnadnya pada 7/40 daripada Shabat Abu Dzar dan juga dalam Syu'bul Iman 2/53-54 daripada Sahabat Muhammad bin Wasi'

dan juga seperti apa yang termaktub dalam Sunan Ibn Majah, hadit Marfu' pada bab khusus Garam nomor 3315

حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ ، حَدَّثَنَا مَرْوَانُ بْنُ مُعَاوِيَةَ ، حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ أَبِي عِيسَى ، عَنْ رَجُلٍ ، أُرَاهُ مُوسَى ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَليْهِ وسَلَّمَ : سَيِّدُ إِدَامِكُمُ الْمِلْحُ.


telah mengkhabarkan Hisyam bin Ammar telah mengkhabarkan Marwan bin Mu'awiyyah telah mengkhabarkan 'Isa bin abi 'isa daripada seorang lelaki (Musa) daripada Anas bin Malik berkata ia telah berkata Rasulullah SWA : "Penghulu dari segala kuah adalah Garam"

hadit ini juga termaktub dalam Musnad Abi Ya'la 3714, Mu'jam Ibnl 'Arabi 2254, Mu'jam Al-Awsath lil Baihaqy 8854, Musnad Syihab 1327 dan lain lagi,,

untuk derajat nya ialah Dhaif, namun Dhaif yang maqbul, dalam artian boleh ianya diamalkan sebagai FaDhailul A'mal

sedangkan amalan Sahabat 'Ali Radiallahu 'anhu terhadap cicip garam ini, termaktub dalam kitab Syu'bul Imam lil Imam Baihaqiy pada nomor  5952 sbb :

أخبرنا أبو عبد الله الحافظ ثنا أبو العباس محمد بن يعقوب ثنا الحسن بن علي بن عفان ثنا زيد بن الحباب ثنا عيسى بن الأشعث عن جويبر عن الضحاك عن النزال بن سبرة عن علي أنه قال من ابتدأ غداءه بالملح أذهب عنه سبعين نوعا من البلاء


telah mengkhabarkan Abu Abdillah al-Hafidz telah menceritakan Abul Abbas Muhammad bin Ya'qub telah menceritakan Hasan bin Ali bin Affan telah mengkhabarkan Zaid bin Habab telah mengkhabarkan Isa bin As'at daripada Zuibar daripada Dhahhak dari An-nuzul bin Syirah dari Imam Ali sesungguhnya ia menyatakan :
"Barangsiapa makan dimulai dengan garam, Allah akan menghilangkan tujuh puluh jenis penyakit dari dirinya"
derajat hadit juga Dha'if, namun ianya juga maqbul bisa diamalkan untuk penggerak dalam beramal,,

SOURCE : ICUN
Share on Google Plus

About Rizal IBNU MAKMUR

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

WHAT IS YOUR OPINION?