Khutbah Jumat K.H. Uzairon : Dunia Menjadi Ujian Bagi Manusia



Khutbah Jumat K.H. Uzairon
Dunia Menjadi Ujian Bagi Manusia

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ. يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَآءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا. يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا.
أَمَّا بَعْدُ؛ فَإِنَّ خَيْرَ الْكَلاَمِ كَلاَمُ اللهَ، وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَشَّرَ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ وَكُلَّ ضَلاَلَةٍ فِي النَّارِ.

Hadirin yang di muliakan Allah SWT.
Sesungguhnya Allah menciptakan dunia ini untuk tempat ujian. Allah ingin menguji hamba-hamba-Nya, siapakah yang pantas menjadi kekasih-kekasih Allah dan siapakah yang tidak pantas menjadi kekasih-kekasih Allah.

Hadirin yang di muliakan Allah SWT.
Sesungguhnya Allah menciptakan dunia ini sebagai tempat ujian. Allah ingin menguji siapakah orang-orang yang pantas di kirim ke surga-Nya dan siapakah yang pantas di kirim ke neraka-Nya.

Hadirin yang di muliakan Allah SWT.
Sesungguhnya Allah menciptakan dunia ini sebagai tempat ujian. Orang yang sukses, orang yang berhasil di dunia ini, yaitu orang-orang yang menghabiskan umurnya untuk taat kepada Allah SWT. Dan sesungguhnya orang-orang yang gagal adalah orang-orang yang menghabiskan umurnya untuk bermaksiat kepada Allah SWT.

Hadirin yang di muliakan Allah SWT.
Manusia-manusia diciptakan oleh Allah, mengetahui segala nasibnya yang menentukan adalah Allah, tidak bisa hidup kecuali di hidupkan oleh Allah, tidak bisa mati kecuali di matikan oleh Allah. 24 jam selalu berhajat kepada Allah, ketika masih kecil berhajat keada Allah, di dunia selalu berhajat kepada Allah, di akhirat berhajat kepada Allah. Tetapi aneh , mereka yang selalu berhajat kepada Allah, selalu butuh kepada Allah, menyibukkan diri  siang dan malam dalam perbuatan-perbuatan yang menjadikan Allah SWT murka kepada dirinya. Inilah “mushibatun ‘azhiim” Musibah yang besar bagi manusia.
Semestinya setelah manusia itu mengetahui bahwa dirinya adalah hamba Allah, bertempat di buminya Allah. Yang menentukan segala nasibnya adalah Allah, Seharusnya siang dan malam yang di fikirkan manusia adalah mencari ridha Allah. Sehingga ia di tolong oleh Allah dunia dan akhirat. Itulah pemikiran orang-orang yang sayang pada dirinya, pemikran orang-orang yang dalam hatinya ada nur dari Allah SWT. Kesuksesannya, kepuasannya, bila ia taat kepada Allah, dan kesusahannya bila ia mengabaikan ketaatannya kepada Allah SWT.

Hadirin yang di muliakan Allah SWT.
Di hari Jum’at yang mulia ini, waktunya kita memperbaharui niat kita. Sudah berapa tahunkah kita hidup kita di dunia ini. Siang dan malam kita dilihat oleh Allah. Setelah beberapa tahun kita hidup di dunia ini, apakah Allah ridho kepada kita atau Allah murka kepada kita

Hadirin yang di muliakan Allah SWT.
Sebentar lagi kita akan di panggil oleh Allah SWT. dengan demikian hendaknya kita selalu mengadakan persiapan untuk menghadap-Nya. Kita fikirkan, apakah kita mengahdapa Allah dengan mendapat ridho-Nya atau tidak.

Hadirin yang di muliakan Allah SWT.
Orang iman itu terikat dengan dua perkara, terikat memikirkan dosa-dosanya telah diampuni Allah atau belum dan amal-amalnya yang telah lalu apakah diterima Allah atau tidak. Terikat memikirkan perkara-perkara yang akan dating. Sisa-sisa umur yang akan datang, apakah bisa berpegang dengan agama Allah atau tidak karena banyak orang yang asalnya lurus jadi belok, asalnya sholeh jadi toleh, asalnya iman jadi kufur, asalnya hatinya menghadap Allah menjadi berpaling dari perintah-perintah Allah.

Hadirin yang di muliakan Allah SWT.
Marilah kita selalu berdoa kepada Allah SWT sebagaiman do’a yang diajarkan oleh Baginda Nabi SAW : “Ya muqallibal qulub tsabbit qalbi ‘ala diinika” (Wahai Allah yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku atas agama-Mu)

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ بِاْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ

(Sumber : Khutbah Jumat K.H. Uzairon “Dunia Menjadi Ujian Bagi Manusia”
Keterangan : mukaddimah telah di rubah karena agak susah mengetik mukaddimah yang asli)

Share on Google Plus

About Rizal IBNU MAKMUR

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar:

  1. Nice khutbah saudaraku..selalu istiqamah dlm nympaikan ilmu

    BalasHapus
  2. untuk ceramah mp3 gusron sulit di donlod saudaraku trima kasih ilmunya

    BalasHapus
  3. جَزَاكَ اللّهُ (jazakallah)

    BalasHapus

WHAT IS YOUR OPINION?