PASSWORDKU DICURI ... BAGIAN 1



Bagaimana Password bisa dicuri  ?

Pada prinsipnya hidup manusia kan terkait dua hal yaitu faktor internal tindakan manusia itu sendiri dan faktor ekternal faktor luar yang tidak selalu bisa dia kontrol... Begitu juga password terkait dengan dua hal ini ...

Keamanan password tergantung dari pemilik password, proses pengiriman serta penerima password. 

Gampangannya anda A lha mau mengirimkan password ke situs B... Keamanan Password terkait dengan A, terkait dengan B, terkait dengan proses pengiriman A ke B.  Lha sayangnya tidak semua proses itu berada di tangan kita karena sebagian selalu ditangan pihak lain. 


Passsword secara umum bisa diambil alih orang lain bisa karena : 

1. Faktor Internal pemilik password,
misalnya :  Saya memakai password yang mudah ditebak , misalnya nama kucing saya, saya memakai password yang terlalu pendek kurang bervariasi, saya menyimpan security question atau fasilitas lupa password yang mudah ditebak jawabannya, atau bahkan jawaban itu saya umbar sendiri di internet misalnya saya sebutkan tanggal ulang tahun burung beo saya di facebook, padahal data itulah yang dibutuhkan untuk mereset password email saya lewat fasilitas forget password... Tentu saja menjadi mudah bagi pencuri/penyusup untuk masuk karena data pribadi saya  , yang dipakai untuk mereset password malah saya  bagikan sendiri di internet atau kepada orang lain...

Password bisa saja dicuri karena saya berhasil ditipu misalnya dengan masuk situs palsu yang mirip dengan situs aslinya... 

Password berhasil dicuri karena saya berbagi password dengan orang lain. Lha kalo berbagi bukan dicuri dong namanya MAS... Ya bisa saja ceritanya gini : Anda menjaga password anda, anda sulit ditipu tetapi pihak lain tempat anda berbagi password itu yang kebetulan tertipu entah dengan situs palsu atau kebetulan dia membocorkan data2 penting yang bisa disalahgunakan untuk mereset password kalian berdua. 

2.Dari sisi tranfer data/password dari pemilik ke penerima password :

Password bisa dibajak jika data yang lewat berhasil disadap , misalnya dari A ke B tetapi ada X membaui data-data yang lewat itu termasuk password... ya gambaran mudahnya nya persis kita nguping orang bicara lewat telpon paralel.. ^_^, 

Password bisa dicuri jika ada program, software, virus dsb yang dirancang untuk mencuri password... Misalnya ada software mata-mata keylogger terinstall atau ada virus yang juga memiliki fasilitas mencuri password. Hal ini bisa saja terjadi di warnet atau bisa saja di komputer pribadi jika tanpa sengaja program aneh-aneh yang anda pakai ternyata disusupi fasilitas mata-mata. Keylogger juga bisa saja berwujud hardware. 


3. Dari sisi kelemahan  penerima password

Password bisa dicuri karena secara sengaja pihak luar yang anda berikan password memang aslinya pencuri password, misalnya dia membuat forum palsu atau website yang bombastis yang sengaja dibuat untuk mengumpulkan password.

Password bisa saja dicuri karena pihak luar penerima password berhasil dijebol databasenya oleh cracker, serta kebetulan password yang disimpan ternyata tidak terenkripsi dengan baik... akibatnya karena proteksi dari  penerima password anda berhasil dijebol maka password anda pun ikut didapatkan orang lain... Bahkan bisa saja password itu disebarkan di internet. 

Password bisa saja dicuri dengan aneka software data recovery yang bisa dipakai untuk mencari password, misalnya password office bisa dicari dengan Advanced Office Password Revovery. Password Winrar bisa pake Advance Archive Password Recovery dsb..

Password bisa saja dicuri karena program security yang anda pakai tidak menyandikan passwordnya atau kalopun itu disandikan, sandi yang dipakai bisa dipecahkan sehingga password asli didapatkan... , misalnya Folder Lock versi 5.8, PC Security dsb bisa diketahui apa passwordnya dengan cepat...

 Karena sebagian keamanan password ada di pihak luar , maka kemungkinan password 100 persen dijamin aman kayaknya nggak ada. :(  Jadi masih selalu mungkin password anda akan diketahui oleh orang lain..
Share on Google Plus

About Rizal Palangiran

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

WHAT IS YOUR OPINION?