KISAH RAJA DAN TUKANG EMAS PENIPU


http://www.azamku.com/wp-content/uploads/2011/08/gold-harga-emas-hari-ini-emas.jpg
GOLD IS AMAZING
Jika umat ingin diperbaiki dengan kerajaan tak mungkin terwujud, tengok aja kisah dibawah ini:


Seorang raja risau dengan keadaan perdagangan emas di negaranya,  yang mana emas sudah banyak yang tak asli lagi. Maka raja kelililing cari sebab, dia datang ke roko emas, dan secara sembunyi dengar percakapan 3 tukang emas bagaiman mereka campur emas.
1.                  aku telah campur 3\4 perhiasan yang kubuat dengan tembaga.
2.                  aku telah campur 1\4 saja dgn tembaga
3.                  aku telah memberikan tembaga kepada pelanganku dengan harga emas. 


Raja heran dengan yang ketiga maka ditangkap dan dibawa ke istana, raja tanya; bagaimana caranya kamu bisa beri orang tembaga sedangkan dia setorkan emas kepadamu.
Pedagang ketiga katakana : “wahai raja, bukan hanya kepada rakyat mu tetapi aku juga bisa menipu anda.”
http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2011/03/13008751111090179826.jpg
Fine Gold
 
 
Maka raja heran lagi , ia pun diuji, diserahkan emas untuk buat perhiasan (sebuah kalung) untuk putrinya, dan ia di masukan di suatu ruangan yang dijaga ketat oleh  para pengawal, ditempat itulah ia membuat perhiasan emas untuk putri raja. Ia diperiksa jika hendak pulang di malam hari atau  telah kembali lagi di siang hari. 


Ketika tukang emas pulang di malam hari, maka di rumahnya , dia buat perhiasan yg sama dengan yang dia buat  di istana tetapi dari tembaga. Ketika keduanya jadi dan besok akan diserahkan pada putri raja maka dia berepsan pesan kepada istrinya : “besok kamu harus bawa Yogurt dalam ember dan berpura-pura menjualnya. Jika engkau telah berada di depan istana maka berteriaklah, aku akan memanggil kamu, segera masukan kalung palsu dari tembaga  ini, dan aku akan menukarnya”.
Esok hari istrinya lewat didepan istana sang raja dan berpura-pura jualan yogurt dalam ember. suaminya katakan pada raja : wahai raja perhiasan putri sudah selesai, tetapi untuk kesempurnaan maka dia harus dicelup dalam yogurt.”

http://farm5.static.flickr.com/4046/4707709561_d3d87edc97.jpg
Istana Raja
 Raja setuju, maka terdengar teriakan istri tukang emas didepan istana, dan tukang emas segera memanggil dia. Di depan raja, dia lalu mencelupkan perhiasan puteri ke dalam ember yang bersi Yogurt, tetapi ketika didalam air ia telah menukarnya dengan perhiasan palsu yang ada di ember (tembaga). Setelah itu diambil dan di pakaikan kepada putri. .. Sang Raja pun telah kena tipu dengan telak !

HIKMAH : Jadi biar pun dia  di jaga kalau iman tak ada maka tetap akan melanggar. Jika iman ada biar tak ada orang tetap akan takut ,

Share on Google Plus

About Rizal IBNU MAKMUR

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

WHAT IS YOUR OPINION?