OH, TERNYATA WUDHU BISA BATAL GARA-GARA....

Terkadang abis wudhu, sering terjadi hal2 yang nggak kita sengaja maupun enggak
nah, beberapa hal tuh gan ada yang bisa bikin wudhu agan2 sekalian bisa batal dan kudu wudhu lagi disini ane mau share nih gan, hal apa aja yang bikin kita kudu memperbarui wudhu kita, cekicrot

1. KELUAR DARAH BANYAK
tentang ini banyak dari beberapa ahli berbeda pendapat keluarnya darah dapat membatalkan wudhu. so buat jaga2 nih gan, kalo semisal agan/sista terluka dan ngeluarin banyak darah (bisa ngira2 sendiri kan), agan musti mengupdate wudhu agan sebelumnya, kalo cuman keluar darah dikit, kaya mimisan, gusi bedarah atau apalah itu masih nggak papa, dapat dimaafin gan

2. TIDUR AMPE NYENYAK

kalo yang ini ada haditsnya juga gan, kira2 begini bunyinya “Barang siapa telah tidur, maka hendaknya ia berwudhu” dari HR: Abu Dawud dan Ibnu Majah, so buat agan yang tidur baik sengaja atau nggak, baik dalam berbagai posisi sehingga kehilangan kesadaran, musti wudhu lagi. tapi kalo cuman tidur ringan, maksudnya agan masih sadar akan keadaan sekitar dan masih bisa ndenger suara2 disekeliling agan, maka wudhu masih berlaku atau tidak batal.

3. Menyentuh Kemaluan

“Barang siapa telah menyentuh dzakarnya maka hendaknya ia berwudhu” HR: Tirmidzi, Abu Dawud dan Nasa’i. semisal agan abis wudhu nggak bisa nahan megang (maap gan) titit agan atau terpaksa megang atau nggak sengaja megang, berarti wudhu agan batal. disini maksudnya megang tanpa perantara, atau daging langsung bertemu daging. jadi kalo cuman megang pake kain atau masih didalem celana nggak ngebatalin

4. HILANG AKAL
kalo semisal kita kehilangan akal, baik sengaja atau nggak, contohnya : mabok, pingsan, ayan, tidur, gila , de el el.. pas udah sadar kita wajib untuk wudhu lagi

5. KELUAR HADATS
keluar hadats dari lubang depan atau belakang, dalam bentuk apapun, baik berbentuk padat, cair, gas, encer, kentel , bisa ngebatalin wudhu agan/sista

6. NGESEKS
hehe.. kalo ini enak tapi ngebatalin banget gan, buat yang abis kimpoi (berhubungan badan) sama istri/suami agan, musti mandi besar (membasuh mulai dari atas rambut sampai ujung kaki) dan berwudhu, meski nggak keluar apapun karena melakukan jima'. Alloh SWT berfirman “Atau kamu telah menyentuh perempuan”. {QS: Annisa’: 43}. nah kalo ane nih, nggak mungkin batal karena ini buat sekarang

7. MAKAN DAGING UNTA
Ini yang bilang Rasulullah SAW, beliau bersabda bahwa kalo kita abis makan daging unta, kita diwajibkan buat wudhu lagi. kalo ane nggak, boro2 makan daging unta, makan daging ayam aja jarang2 kecuali ada hajatan

8. KALO MENYENTUH ISTRI ?
Adalah Rasulullah SAW mencium sebagian istrinya kemudian shalat dan tidak wudhu. [HR. Nasa’i] Wallohu a’lam bish showab... (Yang ini masih khilafiyah gan )

sumber : kaskuser
Share on Google Plus

About Rizal IBNU MAKMUR

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

WHAT IS YOUR OPINION?