SEPERTI INIKAH AMALAN ANDA DI BULAN PUASA ?

Pahala mengamalkan satu sunnah di bulan Ramadhan sama dengan pahala beramal wajib di luar Ramadhan. Dan pahala menunaikan satu amalan wajib di bulan Ramadhan, setara dengan mengamalkan tujuh puluh amalan wajib di luar bulan Ramadhan. Berkenaan dengan hal ini, kita hendaknya memikirkan keadaan ibadah kita.


Dalam bulan keberkahan ini, hendaknya kita berpikir, sejauh manakah perhatian kita dalam menyempurnakan kewajiban dan menambah amalan sunnah. Perhatian kita terhadap amalan fardhu pada saat ini adalah demikian: kebanyakan di antara kita meneruskan tidur setelah makan sahur, sehingga mengqadha shalat shubuh, setidak-tidaknya tertinggal shalat shubuh berjamaah. Seolah-olah inilah syukur kita, ibadah wajib yang sangat perlu diperhatikan malah kita qadha’ atau paling tidak kita menguranginya. Padahal, para ahli ushul berpendapat bahwa shalat tanpa berjamaah adalah suatu kekurangan, bahkan Nabi saw bersabda bahwa seolah-olah tidak sah shalat mereka yang tinggal di sekitar masjid, kecuali di masjid.

Tertulis di dalam Mazhahiril Haq bahwa barangsiapa shalat tidak berjamaah tanpa suatu udzur, maka kewajiban shalatnya sudah terpenuhi, namun pahala shalatnya tidak ia dapatkan. Demikian juga pada saat shalat maghrib. Biasanya, ketika itu orang-orang sedang sibuk berbuka puasa, sehingga tidak perlu dibicarakan lagi orang-orang yang tertinggal rakaat pertama atau takbir pertama. Dan masih ada banyak kelalaian kita lainnya.


Pada siang hari, banyak di antara kita yang qailulah atau tidur siang, dengan beralasan tidur di bulan Ramadhan pun termasuk ibadah, namun akhirnya tidak shalat Dzuhur berjamaah. Sedangkan pada waktu ashar, juga tertinggal shalat Ashar berjamaah dikarenakan terlalu sibuk menyiapkan hidangan buat ifthor aau berbuka puasa. Beginilah keadaan mayoritas kaum muslimin dalam bulan yang suci dan penuh berkah ini. Begitu terus, selalu berulang dari Ramadhan satu ke Ramadhan yang lain.

Fadhilah Ramadhan - Maulana Zakariyya rah.a.
Share on Google Plus

About Rizal IBNU MAKMUR

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

WHAT IS YOUR OPINION?