Label:

HAKEKAT SHOLAT KHUSYU’ WAL KHUDU.

Orang yang mengatakan apakah cukup hanya dengan sholat dapat selesaikan hajat kita? Maka orang yang berkata demikian, sholatnya tak akan naik kepada Alloh SWT (Maulana Saad )

Haji Sahb katakan : Syetyan kata memang Rizki dari Alloh tetapi kerja untuk mendapatkannya juga penting agar manusia yakin dengan asbab dhohir dan tinggalkan amal .

CARA ISTIFADAH DENGAN SHOLAT

(Maulana Yusuf rah a.)

1.Yakin

2.Tawajjuh

3.Mengetahui ilmu masail

4.Ikhlas.

Cara Tumbuhkan yakin dengan Sholat :

1. Datang kepada Manusia dan beritahu mereka agar hilangkan keyakinan kepada Makhluk dan hilangkan Usaha atas makhluk

2. Kerjakan Sholat sebagaimana yang dibuat oleh Rosululloh SAW.yakni dengan memperbanyak sholat sunnat.Karena Alloh semakin dengan dengan hamba yang mengerjakan amalan sunnat. (Syech Abdul Wahab)

KEPENTINGAN SHOLAT UNTUK IJTIMA’I UMMAT

· Jika 50-1000 %orang Islam kerjakan sholat (asal sholat saja)maka Alloh SWT akan jatuhkan keadaan Dunia orang kafir,(Maulana Yusuf rah a.)

· Bani Isroil didholimi oleh Fir’aun ,minta kepada Musa as agar membebaskannya dengan mendirikan negara sendiri.

Tetapi Alloh SWT perintah mereka untuk kerjakan sholat dengan firmannya:

Dan Kami perintahkan kepada Musa as, dan saudaranya Harun as Ambillah oleh kamu berdua beberapa rumah di Mesir untuk tempat tinggal bagi kaummu dan jadikanlah olehmu rumah rumahmu itu Masjid,dan dirikanlah sholat didalamnya dan berilah kabar gembira bagi orang orang yang beriman,(Surat Yunus 87)

Setelah 40 tahun Bani Isroil seluruhnya mengerjakan sholat,setiap ada masalah mereka mendirikan sholat,dan tak lari kepada Mahkamah Fir’aun karena Mahkamah Fir’aun tak dapat selesaikan masalah mereka , barulah Alloh SWT memberi kabar gembira menangkan mereka atas Fir’aun.

KEPENTINGAN SHOLAT UNTUK INFIRODHI

· Jika sholat ada sifat yakin ,ikhlas,Ilmu,dan dzikir,maka sholat telah memasuki tahap pertama hakekat yaitu akan mencegah perbuatan keji dan mungkar.

· Jika sholat mencapai sholatnya Rosululloh dan para sahabat barulah hakekat sholat akan mampu menarik pertolongan Alloh SWT. (Maulana Iksan)

Sholat adalah asbabaul kabir sedangkan usaha dunia adalah asbabu shoghir dan asbab yang singkat. Perbaikan atas sholat adalah lebih penting daripada perbaikan atas perkara keduniaan.(H.Sahb)

Maulana Jamil : Sholat adalah asbab mendatangkan Rezeki dengan dasar Firman:

Dan Perintahkanlah keluargamu/ ummatmu untuk sholat dan bersabarlah atasnya.Kami tak meminta rezeki dari kamu tetapi Kamilah yang member Rizki kepadamu dan akibat yang baik bagi orang yang bertakwa.( Toha 132)

Kisah : 200 tahun lalu ada seorang Raja Islam di India mengerjakan sholat Jum’at sedangkan ia memakai kain sutera, seorang khotib berkhutbah bahwa: “Memakai sutera adalah haram dan barang siapa yang tidak membenarkannya maka dia Kafir.”

Raja marah sesampainya di Istana Raja berencana kirim pengawal untuk tangkap Ulama tadi. Putera mahkota adalah murid dari ulama yang menjadi khotib merasa ketakutan karena gurunya akan dihukum ayahnya. Maka dia berlari ke Rumah syech dan ceritakan bahwa ayahnya akan menangkapnya.

Syech tadi katakan : Jangan kwatir saya akan mengadu kepada Alloh dan berdoa agar Alloh tangkap ayah kamu,dia berwudhu dan dirikan sholat.

Kini putera mahkota takut ayahnya kan ditangkap Alloh mak dia berlari ke Istana untuk ceritakan hal ini, Raja gemetar mendengar karghozari anaknya dan bertobat meminta maaf kepada Syech.


0 komentar:

Poskan Komentar

WHAT IS YOUR OPINION?