Ini Bukan Budaya Arab Tapi Perintah Agama

Jilbab dan menutup sebagian wajah bukan budaya arab dan bukan budayanya orang gurun pasir.

"Ededeh ! itu cuman budaya arab ji! Disana kan panas dan berpasir toh.. makanya mereka pake pakaian seperti itu.. Ndah usah moko sok ke arap-arapan lah.. Kalau berpakaian itu yang nusantara ko sedikit chika!"

Pernahki dengar kalimat diatas dan semisalnya? Wajarji kalo yang ngomong itu sedang pake kemben batik khas nusantara. Yg bikin jengkel ..yg ngomong begitu pake skinny jeans dan high heels plus u can see ji bajuna ckckck ?

Nah, yang perlu diluruskan sebenarnya dari kalimat diatas ada beberapa hal.

Pertama, bangsa dan kebudayaa arab termasuk kebudayaan yang tua. Kedua, kebiasaan atau budaya wanita arab dahulu, sekitar 14 abad yang lalu adalah terbuka, baik bagian sebagian kepala, dan beberapa bagian tubuh yang lainnya.

Ketiga kebiasaan memakai penutup kepala bagi perempuan (veil) adalah kebiasaan yang juga dipraktekan oleh bangsa-bangsa lain..

Lihat miki ini gambar relief Latta, Uzza, dan Manat dibawah ini. Itu mungkin udah hitungan pakaian paling tertutup loh.. Soalnya mereka itu terhitung orang sholehah dizamannya. Setelah kematiannya, awalnya orang-orang membuat patung mereka sekedar untuk peringatan ji. Eh, lambat laun na sembah mi itu patung...tolo'na...

Jadi pakaian wanita arab zaman dahulu (pre-islam) masih aduhai banget, bikin kita yang mandangnya semeriwing. Diceritakan dibanyak riwayat yang outentik dan valid bahwa mereka senang banget berdandan menor (tabaruj) buat menarik perhatian.

Pertanyaannya, jadi kalau ada kakak-kakak cantik yang naik motor terus pakai dress yang menampakkan belahan punggung, itu "arab wannabe" alias meniru-niru budaya arab dong? πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

NB : so jilbab, cadar n jenggot adalah ajaran dalam agama Islam yg harus kita amalkan... yg panjang kalo mau dijelaskan dalil2nya...kalo iman kuat 1 dalil aja dah cukup..kalo iman lemah 1001 dalil pun gak bakal cukup....:(

* nabilang pak kyai Yabani , ulama Palopo  : "sunnah itu kalo gak bisa diamalkan semuanya maka jangan tinggalkan semuanya!"

* kita amalkan agama sesuai kemampuan..dan yg belum mampu kita amalkan..semoga Allah beri hidayah secepatnya...amiin :)

Sanad :
https://m.kaskus.co.id/thread/57a84ba6c2cb1730768b4567/fenomena-arab-wannabe-dan-sejarah-batuk-pak-haji/
Share on Google Plus

About Rizal IBNU MAKMUR

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

WHAT IS YOUR OPINION?