ADA KEMUSYRIIKAN DALAM NAMA-NAMA HARI



Doktrin berarti ajaran. Kata Latin berhubungan dengan ‘dokumen’ (buku manual) dan ‘doktor’, berarti ‘guru’. Kita semua sudah diprogram sejak lahir dengan berbagai tradisi, ritual dan kebiasaan.
Saat ini mari kita lihat bagaimana kita semua sudah dilatih untuk melihat waktu – hari, bulan dan tahun. Salah satu yang kita lakukan ketika bangun setiap pagi adalah melihat jam.



Pada awalnya, jam-jam dimana matahari mulai terbit, diukur dengan jam bayangan matahari (Sundial - gb. kiri), dan yang menandakan 12 ‘jam’ sampai matahari terbenam.
Tanda jam pada waktu musim dingin  berjalan lebih cepat daripada musim panas.
Perbedaan panjangnya waktu dalam satu jam tidak terlalu penting dibandingkan dimana Anda berada pada waktu tersebut, sistem ini bekerja cukup sukses.
Waktu terdiri dari 12 jam setiap ‘hari’-nya. ‘Siang’, 9 jam sejak matahari terbit, atau sampai jam 3 sore, ini yang terjadi pada jaman dahulu.
Setiap hari dalam seminggu asalnya disebut dengan angka. Hari ke 7 mempunyai nama: Sabbat, yang berarti istirahat.  Ya, Adam dan Chuwah (yang diganti menjadi Eve), adalah orang pertama pria dan wanita yang melakukan Sabbat, Nama Chuwah berasal dari bahasa Ibrani yang berarti ‘hidup’- juga namanya berarti ibu dari yang hidup. Nama Chuwah diganti oleh nama‘Eve’ adalah salah satu nama pagan yang dipakai untuk menghormati Earth Mother.
Akhiran –ah, seperti nama Sar – ah, Sar adalah prince/pangeran ; Sarah berarti princess, putri raja.
Jika Anda mengecek kalendar, akan Anda temukan nama-nama hari diberikan sebuah ‘nama’.  Nama-nama ini diambil dari para penyembah berhala yang menghormati dewa mereka dengan memanggil hari-hari dengan nama berhala mereka.



Sunday (Sun Day)
‘Hari Matahari’, bahasa latinnya Dies Solis (gb. kiri). Orang-orang Babilon menyembah matahari sebagai Shamash, dan nama-nama yang digunakan untuk itu adalah: Baal, Moloch, Ahura-Mazda,Dagon, Ra, Sol, Marduk, Mithras, Khrisna, Aton, Woden, Zeus, Deus, dan Gott. Pada tahun 321, Constantine mengganti Sabbat, dan membuat Sunday menjadi hari istirahat.



Monday (Moon Day)
Bahasa latinnya, Dies Lunae, Hari Bulan.  Mona Lisa berarti ‘moon lily’. Artemis (Diana - gb. kiri), selalu dilukiskan dengan bulan sabit di bawah kakinya (kita mengenal gambar Maria, dewi Kwan Im dengan bulan sabit di kaki mereka juga, dan lainnya).

Tuesday (Tiw’s Day)
Mardi = Hari Mars, Mars adalah dewa perang Roma. Kalendar Roma juga pagan, nama dewa ini dipakai di bulan ke-3, yaitu March.  Orang-orang Yunani kuno memanggil hari ini ‘Tiu Daeg’. Tiu adalah nama dari anak laki-laki Woden dan Frigga, berhala para ‘imam’  jaman dulu.

Wednesday (Wodin’s Day)
Odin atau Woden, ketua dewa Norse, yang memerintahkan Valkries  dengan kuda yang berkaki delapan. Woden dipercayai sebagai suami dari Frigga, dan bapa dari Thor.

Thursday (Thor’s day)
Dewa Guntur Norse dan anak laki-lakinya Woden, dikenal juga sebagai Taranus, atau Dutch Doonner (nama yang diberikan pada rusa kutubnya Santa Claus. Melekat dengan hari Roma Jupiter.



Friday (Freya’s Day)
Dikenal juga sebagai Frigga, istri dari Woden, lambangnya adalah ikan (lambang kesuburan), yang sering dipakai sebagai lambang Kristen. Ikan muda bernama ‘Fry’. Orang-orang Katolik dapat memberitahukan Anda bagaimana dan kapan  ‘fish fry’ terjadi, tetapi mereka ambil dari para pagan. Orang-orang Roma memanggilnya Astarte, atau Venus. Dia adalah Earth Mother, dengan banyak panggilan seperti: Asherah, Astaroth, Ishtar, Easter, Nanna, dan lainnya. Orang-orang Yunani menghormati dewi Aphrodite, Dewi cinta, kecantikan dan kenikmatan seks… pada hari ini.



Saturday (Saturn Day)
Saturn (gb kiri)adalah dewa pertanian Roma, dan hari ini dikhususkan untuknya.  Planet ke-6 dinamakan untuk menghormati dewa ini. Di India dinamakan Dewa Shani Pooja  (gb kanan)
Hari raya Saturnalia, diubah menjadi hari Natal, pada tahun 525.  Hari ini, adalah hari istirahat yang diberikan YHWH pada kita sebenarnya, bukan Sunday.


SAL-USUL PENAMAAN BULAN DALAM KALENDER MASEHI/GREGORIAN

January < Janus (ianuarius) = dewa pintu gerbang.
February < Februum = pensucian, pagan romawi kuno merayakan ritual februa di bulan ini.- March < Mars, atau martius = dewa perang.
April < Aphrilis, atau Aphrodite atau Aphros = venus.atau: April < Apreire = buka, musim tanam-tanaman mulai berbunga.
May < Maia Maiestas = putri tertua dan tercantik dari dewa atlas.
June < Juno (romawi) = hera (yunani), putri dari saturnus, istri jupiter, ibu dari mars, minerva and vulcan.
July < Julius Caesar = penguasa kekaisaran roma pertama (50 BC - 44 BC). Sebelumnya bulan ini dinamakan Quintilis = 5, atau bulan ke-lima.
August < Agustus = penguasa kekaisaran roma ke-dua (42 BC – 14 AD). Sebelumnya bulan ini dinamakan Sextilis = 6, atau bulan ke-enam.
September < Septem, = 7, atau bulan ke tujuh.- October < Octo, atau octa = 8, atau bulan ke delapan.
November < Novem, Novemus = 9, atau bulan ke sembilan.
December < Decem, Decimus = 10, atau bulan ke sepuluh.

source : click !
Share on Google Plus

About Rizal IBNU MAKMUR

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

WHAT IS YOUR OPINION?