Ajal dan Kematian



1. Kematian yg paling mulia ialah matinya para syuhada.

2. Tidak ada sesuatu yang dialami anak Adam dari apa yg diciptakan Allah lbh berat daripadakematian. Baginya kematian lbh ringan daripada apa yg akan dialaminya sesudahnya.3. Perbanyaklah mengingat kematian. Seorang hamba yg banyak mengingat mati maka Allah akan menghidupkan hatinya dan diringankan baginya akan sakitnya kematian. {HR.Ad-Dailami} Penjelasan: Dia mati dgn mudah dan ringan pada saat sakaratul maut.

4. Janganlah seorang mati kecuali dia dalam keadaan berbaik sangka terhadap Allah.

5. Janganlah ada orang yg menginginkan mati krn kesusahan yg dideritanya. Apabila harus melakukannya hendaklah dia cukup berkata Ya Allah tetap hidupkan aku selama kehidupan itu baik bagiku dan wafatkanlah aku jika kematian baik untukku. {HR.Bukhari}

6. Cukuplah maut sebagai pelajaran dan keyakinan sebagai kekayaan.

7. Mati mendadak suatu kesenangan bagi seorang mukmin dan penyesalan bagi orang durhaka. {HR.Ahmad}Penjelasan: Artinya seorang mukmin sudah mempunyai bekal dan persiapan dalam menghadapi maut tiap saat sedangkan orang durhaka tidak.

8. Tuntunlah orang yang menjelang wafat dgn ucapan Laailaaha illallah {maksudnya agar dia mau meniru mengucapkannya}.

9. Tidak dibolehkan bagi seorang wanita yg beriman kepada Allah dan hari akhir berkabung atas suatu kematian lbh dari tiga malam kecuali terhadap kematian suaminya maka masa
berkabungnya empat bulan dan sepuluh hari.Penjelasan: Kematian ayah ibu saudara dan yg lain selain suaminya masa berkabungnya tidak boleh melebihi tiga hari.

10. Seorang sahabat bertanya Ya Rasulullah jenazah orang kafir berlalu di hadapan kami apakah kami perlu berdiri? Nabi Saw segera menjawab Ya berdirilah. Sesungguhnya kamu berdiri bukanlah utk menghormati mayitnya tetapi menghormati yg merenggut nyawa-nyawa.

11. Ada tiga perkara yang mengikuti mayit sesudah wafatnya yaitu keluarganya hartanya dan amalnya.
Yang dua kembali dan yg satu tinggal bersamanya. Yang pulang kembali adl keluarga dan hartanya sedangkan yg tinggal bersamanya adl amalnya. {HR.Bukhari dan Muslim}

12. Seorang mayit dalam kuburnya seperti orang tenggelam yg sedang minta pertolongan. Dia menanti-nanti doa ayah ibu anak dan kawan yg terpercaya. Apabila doa itu sampai kepadanya baginya lbh disukai dari dunia berikut segala isinya. Dan sesungguhnya Allah ‘Azza wajalla menyampaikan doa penghuni dunia utk ahli kubur sebesar gunung-gunung. Adapun hadiah orang-orang yg hidup kepada orang-orang mati ialah mohon istighfar kepada Allah utk mereka dan bersedekah atas nama mereka.13. Allah mencatat ihsan atas segala sesuatu. Apabila kamu membunuh hewan maka bunuhlah dengan cara yg baik dan jika kamu menyembelihnya sembelihlah dgn baik.Asahlah tajam pisau potong dan ringankan hewan potongnya.

14. Janganlah kamu mengagumi amal seorang sehingga kamu dapat menyaksikan hasil akhir kerjanya .

15. Apabila seorang muslim wafat dan jenazahnya dishalati oleh empat puluh orang yg tidak bersyirik kepada Allah maka Allah mengijinkan syafaat oleh mereka baginya {si mayit}.

16. Percepatlah menghantar jenazah ke kuburnya. Bila dia seorang yg shaleh maka kebaikanlah yang kamu hantarkan kepadanya dan bila kebalikannya maka sesuatu keburukan yg kamu tanggalkan dari beban lehermu.

17. Seorang mayit dapat disiksa disebabkan tangisan keluarganya.

Penjelasan: Hal tersebut terjadi bila keluarganya menangisi mayit dgn berlebih-lebihan dan berteriak-teriak.

Menangisi dgn wajar dari anggota keluarga yg ditinggalkan wafat sebenarnya dibolehkan dalam agama. Lalu kenapa si mayit yg harus menanggung akibatnya? Ini disebabkan krn sebelum wafatnya dia tidak pernah mengajarkan hal demikian.
18. Barangsiapa wafat pada hari Jum’at atau pada malam Jum’at maka dia terpelihara dari fitnah kubur.

19. Janganlah mengingat-ingat orang-orangmu yg telah wafat kecuali dgn menyebut-nyebut kebaikan mereka.

20. Seorang sahabat bertanya Ya Rasulullah pesankan sesuatu kepadaku yg akan berguna bagiku dari sisi Allah. Nabi Saw lalu bersabda: Perbanyaklah mengingat kematian maka kamu akan terhibur dari dunia dan hendaklah kamu bersyukur. Sesungguhnya bersyukur akan menambah keni’matan Allah dan perbanyaklah doa. Sesungguhnya kamu tidak mengetahui kapan doamu akan terkabul.
Sumber: 1100 Hadits Terpilih - Dr. Muhammad Faiz Almath - Gema Insani Press

sumber : file chm hadistweb

Share on Google Plus

About Rizal Palangiran

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

WHAT IS YOUR OPINION?