NUMEROLOGY MENURUT ISLAM BAGIAN 2


http://www.celestialvision.org/storage/numero.gif
Semua angka memiliki makna dalam berbagai peradaban kuno, suku2 terdahulu, dan tradisi2 agama. 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, dst akan sama2 kita diskusikan di sini (terutama mistisisme angka 1).

ANGKA 4, ANGKA YANG DIKERAMATKAN ?

Dalam manuskrip kuno, manusia terdahulu menjadikan 4 fase kemunculan bulan (sabit, setengah, purnama, ciut) sbg pengatur waktu. posisi matahari dan gerak bayangan membantu manusia mengetahui 4 arah dan 4 penjuru mata angin (timur, barat, utara, selatan). Bentuk2 tetragonal, khususnya bujur sangkar dan kubus, dianggap bentuk geometris yg sempurna dan lengkap. tanda salib yg terbentuk dari 4 titik kardinal menjadi simbol spiritual dalam kosmos di Mesir kuno dan Yunani kuno. 4 unsur (api, tanah, air, udara), 4 musim, 4 kelompok binatang (melata, terbang, berkaki empat, dan berkaki dua). 4 kepala Brahma, 4 kepala Amon-Ra, 4 tangan Shiwa, 4 kasta (brahmana, kstaria, vaisa, sudra), 4 penunggang kuda apokaliptik. 4 Injil, 4 Weda, 4 kitab suci dalam Islam. 4 penyebar injil dengan 4 simbol (Matius dan malaikatnya, Markus dan singanya, Lukas dan bantengnya, Yohanes dan burung elangnya).4 khulafaur rosyidin, 4 madzhab, 4 istri, 4 tingkat tasawwuf (syari'ah, thoriqoh, hakikat, dan ma'rifat), 4 tingkat pendakian sufi (nasut, malakut, jabarut, lahut). angka 4, 40, 400, 4000 dalam banyak legenda, hikayat, dan mithologi. dalam ajaran kabalistik, semesta dibagi 4 bagian (atsilut, beriah, yetsirah, asiyah), 4 sefirot, 4 warna tarot (hitam, putih, merah, hijau). di India kuno dan ajaran Zoroastrianisme dikenal adanya 4 zaman, 4 tahap kehidupan manusia. di Cina ada 4 kelompok manusia, dan kaum cerdik pandai direpresentasikan dengan 4 lencana seni: gitar untuk musik, papan catur untuk permainan logika, buku untuk kesusatraan, dan gambar. masih banyak lagi.

ANGKA 40 BANYAK DISINGGUNG DALAM HADITS :


1.
Nabi Muhammad Saw. bersabda: “Barangsiapa mengikhlashkan dirinya kepada Allah (dalam beribadah) selama 40 hari maka akan zhahir sumber- sumber hikmah daripada hati melalui lidahnya”. (HR. Abu Dawud dan Abu Nu’man dalam alhilyah).

2.
Rasulullah bersabda: "Barangsiapa yang shalat karena Allah selama 40 hari secara berjama’ah dengan mendapatkan Takbiratul Ula/Takbiratul pertama (takbiratul ihramnya imam), maka ditulis untuknya dua kebebasan, yaitu kebebasan dari api neraka dan kebebasan dari sifat kemunafikan." (HR. Tirmidzi)

3.
Dari Anas bin Malik r.a, Rasulullah bersabda: "Siapa yang menekuni (menjaga dengan teratur) shalat-shalat wajib selama 40 malam, tidak pernah tertinggal satu raka'atpun maka Allah akan mencatat untuknya dua kebebasan; yaitu terbebas dari neraka dan terbebas dari kenifakan." (HR. Al-Baihaqi, Syu'abul Iman, no. 2746)


http://power-of-numbers.96network.com/images/birthday-numerology.jpg
1234567890

LAGI-LAGI ANGKA 4

Kenapa Ali Baba harus berurusan dgn 40 pencuri? hehe. 40 termasuk angka yg paling memesona di Timur Tengah, khususnya di Persia dan Turki. Konon, banyak raja Israel, termasuk Daud dan Sulaiman yg berkuasa selama 40 tahun. 40 tahun yg ditempuh orang2 Israel ketika berkelana di gurun pasir, 40 hari banjir di jaman nabi Nuh, 40 hari puasa Masehi sebelum Paskah dalam Nasrani, masa antara eksodus dan pembangunan Kuil adalah 12 generasi yg masing2 berusia 40 tahun (480 tahun). dari kacamata matematis, 40 adalah sebuah numerus abundans, sebuah "angka berlimpah" yg dapat dibagi oleh 1, 2, 4, 5, 8, 10, dan 20. 40 adalah angka penyucian. Menurut Agustinus, 40 mengacu pada integritas saecularum, keseluruhan waktu. dan nilai penting 40 gak cuma residu dari mitos2 kuno ttg bulan, tp juga sbg tetralogi suci hasil dari (1x4)+(2x4)+(3x4)+(4x4), sebuah angka yg mengandung patokan ideal Pythagoras.

dalam Islam, Nabi diangkat menjadi Rosul di usia 40, ada 40 hadits (arba'in) yg diperintahkan nabi untuk dihafal. "barangsiapa menghafal 40 hadits ttg agama, maka ia akan dibangkitkan di akhirat kelak bersama dengan para ulama dan ahli fiqh". dalam temuan kaum sufi, huruf Mim yg terdapat di awal dan di tengah nama Nabi Muhammad dan Ahmad bernilai numerik 40, maka 40 dianggap sbg angka Nabi. jika huruf Mim dibuang dari namanya, kata Ahad mempunyai makna "Esa", sifat Alloh yg sangat penting, sebagaimana seluruh Nabi dan Rosul ditugaskan untuk menyampaikan pesan Tauhid. 40 juga jumlah bab dalam kitab Ihya' Ulumuddin yg menuntun manusia melalui tahap2 persiapan untuk menuju Tuhan di penghujung ajalnya.

4.

KALAU ANGKA 43 ?
Dalam ilmu tasawuf, Dajjal dilambangkan dengan angka 43. Secara implisit,piramida juga melambangkan bilangan 43 dimana sisi dasarnya berupa segi empat dan sisi samping-sampingnya berupa segitiga.
Sepertinya ini yang menjadikan para zionis membuat konsep piramida terpancung.
Sementara belakangan ini fenomena penemuan piramida raksasa menjadi topik hangat beberapa tahun belakangan ini, seperti yg terjadi di jawa barat, china dan yang yg sudah terbukti di bosnia.


http://astronlogia.com/wp-content/uploads/2008/10/numero.jpg

ADA LAGI NIH TENTANG ANGKA :

Berdasarkan temuan manuskrip kuno, beberapa peneliti berpendapat Nabi Idris 'Alayhissalaam-lah yg mengetahui dan mengajarkan mistisisme angka kepada generasi2 setelahnya. Nabi Idris memang dikaruniai kepandaian dalam hal menulis dan mengembangkan "teknologi". namun, jika pertanyaannya lebih dulu mana huruf, simbol, atau angka, yg digunakan untuk berkomunikasi oleh manusia di masa awal kehidupan, belum dapat diketahui secara pasti. Bisa saja huruf, simbol, dan angka, dipakai secara bersamaan karena Alloh telah mengajarkan "NAMA-NAMA" pada nabi Adam 'alayhissalaam, walaupun mungkin, dengan cara yg berbeda dengan saat ini. mereka punya cara berkomunikasi yg hanya dimengerti oleh sesamanya.

Penyebaran penduduk yg semakin meluas dan pengetahuan yg semakin berkembang membuat manusia berpikir dan menghasilkan temuan2 baru (atas ijin Alloh). Orang2 Sumeria dan Babylonia (Mesopotamia kuno) menggunakan sistem angka yg abstrak dan rumit (seksagesimal). di Mesir kuno misalnya, angka2 berbentuk gambar. suku Maya menulis varian2 angka dengan kombinasi2 titik dan garis atau glifik dalam bentuk kepala dewa yg berbeda2. sementara orang2 Romawi kuno mengenal angka dari tanda2 di jari tangan, orang Yunani kuno bahkan menggunakan huruf2 alfabet sbg angka dan metode ini masih hidup dlm bahasa orang2 Yahudi. Huruf Arab mengikuti urutan huruf2 Semitik kuno yg disebut abjad, dan karena setiap huruf memiliki makna ganda, kita dpt dgn mudah membentuk hubungan antara nama2, kata2 yg bermakna, dan angka2 sekaligus.

Angka 666 misalnya, banyak sekali ahli tafsir yg menemukan di dalam angka ini nama2 orang yg merupakan personifikasi "kejahatan" di jaman mereka. Bahkan sampai saat ini, di Persia dan India, judul sebuah buku bisa digunakan untuk mencatat tanggal selesai penerbitannya, misalnya Bagh u Bahar (Taman dan Musim Semi), menunjukkan nilai angkanya (2+1+1000+6+2+5+1+2+200), yg berarti bahwa buku itu disusun pd thn 1216 H (1801/2 M). jadi agak rumit juga memastikan apakah huruf, simbol, atau angka, yg lebih dulu digunakan oleh manusia dalam berkomunikasi, karena di masa awal2, ketiganya digunakan dengan interpretasi (makna) dan kreasi yg berbeda2. wallohu a'lam..


source : MON
thanks to : johan yusuf, khaleeda, djsknight dkk.
Share on Google Plus

About Rizal IBNU MAKMUR

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

WHAT IS YOUR OPINION?