KISAH UNIK NABI IBRAHIM AS.


Ibrohim as saat waktu kecil sering bertanya kepada ibunya, “siapakah Robb ibu?” Ibu jawab: bapak kamu.”

Ibrohim: siapa Robb bapak?

Ibu : Robb bapak kamu adalah Namrudz

Brohim : Siapa Robb Namrudz ?

Ibu : “jangan- jangan kamu tanya itu lagi karena Rob Namrudz tak ada yg tertinggi.”

Ibrohim tak puas, lihat bintang, bulan, matahari. Anggap itulah Robbnya. Akhirnya Allah tunjuki untuk kenal Allah SWT. Setelah di uji dan dapat hidayah maka ada perintah mendakwahkan.

Ayah Ibrohim wazir, maka ibrohim juga akan jadi wazir jika ayahnya meninggal dunia.Maka pilihan buatnya, kalau berdakwah ia akan kehilanggan jadi wazir, tetapi Ibrohim tetap berdakwah dan korbankan jadi Wazir sampai suatu kesempatan hancurkan semua berhala.

Ayah Ibrohim pembuat berhala saat di perintah supaya ibrohim menjualnya ke pasar. Bawa berhala dan menyeretnya sambil mengatakan: siapa yang hendak beli berhala yang tak bisa beri manfaat dan mudhorot?

Waktu Namrudz panggil tuk menyembah,Ibrohim as tak mau. Maka Namrudz tak beri makan dan seluruh negeri tak boleh jual makanan kepada ibrohim mereka kata: makanan ini hanya untuk penyembah Namrudz.

Ibrahim memasukkan pasir kedalam karung dan meletakkannya diatas meja kemudian tertidur.

Setelah bangun maka dia melihat roti yang nikmat telah dihidangkan keluarganya. Dia tanya : dari mana ini ? Keluarganya katakan:” Bukankah engkau yang membawa gandum di karung mu dan aku telah jadikan roti.”

Maka tahulah Ibrohim bahwa Allah telah tolong dia dari kelaparan setelah tiga hari tak makan. Bukankah gandum juga dari tanah ? Maka Allah mampu keluarkan gandum dengan menanamnya atau tidak !!

Nabi SAW katakan : Orang yang lapar 3 hari kemudian tak meminta kepada Makhluk maka Allah SWT akan beri Rizki satu tahun tanpa bekerja.”

Puncak kemarahan Namrud maka ibrohim dibuatkan neraka oleh Namrud untuk disiksa,setelah Ibrohim hancurkan berhala.

Api dinyalakan 40 hari begitu besar sehingga apabila burung lewat diatasnya binasa.

Pengorbanan Ibrohim di uji Allah SWT apakah yakin Ibrohim Shoheh atau tidak, malaikat gunung, laut, angin turun untuk bantu Ibrohim, tetapi beliau kata: Amma ilaika Falaa...kalau oleh kamu saya tak mau,

Ibrohim hanya ingin Allah langsung yang menolong, ibrohim membaca : hasbi yAllah wa ni’mal wakil.

Puteri Namrudz tanya Bagaimana kamu tak terbakar ? Maka Ibrahim katakan katakan olehmu “ Lailahailla lloh Ibrahim kholilulloh” lalu bacalah “hasbiyAllah wa ni’mal wakil “maka ia ikut baca dan juga mencoba masuk api dan tak ter bakar akhirnya beriman kepada Allah dan Ibrohim.

Allah berfirman; yaa naru kuni barda . Api jadi Bardan/dingin dan Ibrohim kedinginan , maka Allah berfirman: wa salaman, maka dingin yg nyaman dan mensejahterkan.

Pengobanan ibrohim di uji lagi. Perintah ke Yordan kemudian Mesir Dan kawin dengan Hajar. Balik ke Palestine dan disuruh bawa hajar ke rumah Allah /Mekkah ditingal tanpa asbab. Bahkan yg ada asbab kematian . orang lain kuburkan istri mati tetapi aibrohim telah kuburkan istri dan anak hidup.

Hajar: “apakah kamu akan tingalkan kami ?,

Ibrohim tak jawab sampai diulang 2 kali.

ketika hajar tanya: “apakah Allah perintahkan semua ini ??

Maka Ibrohim menganguk ya !. Hajar ummul ambiya katakan : Idzan La Yudhoyyi ‘u na kalau begitu Allah tak akan sia siakan kami!!.

Bekal habis , Ismail kehausan maka Hajar lari Safa Marwa 7 kali keluar zam zam dari pukulan kaki ismail . Hajar teriak : zam zam zam ...... berhenti,berhenti,berhenti . Nabi SAW katakan :”seandainya Hajar tak teriak zam zam maka air itu akan menagalir ke seluruh dunia”.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhblwNHecZiDnCldBwVYqWtjRWQY3Bo5OpxpOBbDZmbOe6CrAquqCq6iKJkLh96mGCuqxWsshHAHmZ9L62YYAd9b2HxtC4vLa0TvpxTd8Ph9pJIeOcGGD07-jCFTw5qGgOLy9mRtkiMhhrX/s400/Desert+Caravan+%25286%2529.JPG

Syahwat ibrahim diuji kembali , 6 tahun ada kerinduan ingin lihat anak isteri apakah hidup atau apakah mati ,Allah izinkan tengok ke baitulloh dengan syarat tak boleh turun dari onta , bayangkan?.Jarak Palestin Makkah ditempuh dalam satu bulan tetapi tak boleh turun.

Hajar katakan : Turunlah beristirahat sebentar .”

Ibrohim katakan : “Allah melarang saya turun.” Hajarpun hanya meminta izin membersihkan debu di kaki Ibrahim.Bagaimana perasaan suami istri yang tak jumpa enam tahun tetapi tak bisa berkasihan ketika jumpa,inilah pengorbanan Ibrahim untuk dapatkan Allah SWT.Hari ini kalau ada orang tinggalkan anak istri untuk berjuang agama maka akan divonis haram.

13 tahun kemudian datang lagi bukan untuk beri hadiah tetapi untuk perintah sembelih ismail as.

Syetan hasud hajar ,” anak kamu satu satunya “.

Hajar: gak papa !.

Waktu hendak sembelih Ismail Ibrahim tanya : Sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelih kamu atas perintah Allah ,bagaimana pendapatmu ?

Ismail katakan : Wahai ayah kerjakanlah,engkau akan lihat aku sebagai orang yang sabar!”

Ibrahim bertanya bukan mencari keridhoan anaknya,baru sembelih. Beliau ingin tahu pendidikan Ibunya selama 13 tahun tentang ketaatan kepada Allah dan pasti ibunya telah ceritakan bagaimana pertolongan Allah kepada mereka jika mereka dalam keadaan taat.

Dan Ibrohim juga inginkan agar Ismail amal dengan niat juga,karena amalan jika tak diniati karena Allah maka tak jadi amal sholeh.

Maulana Ahmad Bawahalpur katakan jika Ismail pada saat itu Ridho maka disembelih dengan satu cara, jika tak ridho akan disembelih dengan cara lain

Asbab Allah SWT terima pengorbaan Ibrahim:

1. ibrohim jadi kholili.

2. imam buat seluruh umat

3. keturunanya jadi nabi

4. dapatkan semua pahala haji.

Keberkahan Baitulloh 124 ribu nabi pernah berhaji, kaum Tsamud pernah kekeringan datang pergi ke Ka’bah.

Syahwat ditarbiyat dengan perintah Allah SWT yakni keluar di jalan Allah


Haji mengenang 4 nabi:

1. Pengorbanan Ibrahim as

2. Ketaatan Ismail as

3. Taubat Adam as

4. Dakwah Rosululloh SAW.

o Maka jasbah orang haji harus menayempurnakan jasbah para nabi sehingga kembali dari haji membawa semangat haji di dalam kehhiduapan.(Maulana Iksan)

(MUTIARA YANG BERSERAKAN)

Share on Google Plus

About Rizal Palangiran

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

WHAT IS YOUR OPINION?